Kamis, 23 Juli 2009

WISATA Mangrove Blok Bedul Taman nasional Alas Purwo

Badan Pengelola
WISATA MANGROVE
BLOK BEDUL
Taman Nasional Alas Purwo
Desa Sumberasri Kecamatan Purwoharjo
Kabupaten Banyuwangi
Alamat Kantor: Jl raya Sumberasri 18 sumberasri



Wisata Mangrove Blok Bedul merupakan WISATA EKOSISTEM wujud komitmen dan kerjasama antara Pemerintah Desa Sumberasri dan Balai Taman Nasional Alas Purwo (TNAP) dalam upaya mengembalikan, melindungi, dan menembangkan hutan yang utuh berikut semua biota yang ada.

Kawasan mangrove Blok Bedul berada ditepian segoro anakan sepanjang kurang lebih 16 km, luas hutan mangrove sekitar 2.300 hektar yang berada dalam kawasan Taman Nasional Alas Purwo dan di Kawasan Perhutani. Adapun jenis mangrove yang terdapat di blok bedul sebanyak 27 jenis.

Hewan yang terdapat dalam kawasan ini adalah kera, biawak, burung elang ( ealang jawa dan elang laut ), burung dara laut, burung blibis, burung bangau, burung migrant dari benua australia, ancel bumi, king fisher, kecuk, kirik— kirik, dan beberapa jenis yang belum teridentifikasi. Selain itu dalam

Tujuan pengembangan wisata mangrove ini adalah untuk memperkaya sumberdaya hutan mangrove dalam kawasa Blok Bedul, dengan melakukan pengamanan kawasan tersebut dari pengrusakan baik oleh manusia maupun factor alam. melakukan penanaman kembali pada kawasan yang membutuhkan rehabilitasi di TNAP. kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar kawasan.

Apa yang dapat anda nikmati di kawasan wisata mangrove blok bedul?

Anda dapat menyusuri segara anakan dengan menggunakan perahu tradisional (gondang-Gandung). sambil menikmati hutan mangrove yang utuh dan alami, melihat berbagai jenis burung, biawak, kera serta aktifitas masyarak yang mencari kerang, mancing dan menjaring ikan

Anda juga dapat naik perahu menuju pos resort bedul, kemudian menikmati makanan bersama keluarga di bawah pohon rindang di ujung marengan menikmati suasana panorama pantai laut selatan.

Anda juga dapat melakukan kegiatan mancing diatas perahu tradional bersama kolega pada siang dan malam hari.

Fasilitas yang ada dapatkan dalam kawasan pengelola wisata Mangrove Blok bedul :

Interpreter Mangrove.pengelola menyediakan jasa pemandu khusus mangrove yang sudah terlatih

Perahu tradisional gondang-gandung.untuk mengamati dan menikmati keindahan alam dalam kawasan mangrove.

Home Stay. jika wisatawan ingin menikmati kawasan ini beberapa hari kita menyediakan penginapan rumah penduduk sekitar hutan mangrove yang telah ditunjuk.

  • sa

.salah satu daya tarik Mangrove blok bedul adalah sunset. suasana sunset bisa kita nikmati dari atas perahu tradisional yang dikanan dan kiri tepinya ditumbuhi berbagai jenis mangrove

"Mudskeper"atau ikan blodok yang banyak dijumpai di blok bedul


makan siang dengan suasana hutan mangrove disa kita lakukan di blok Bedul yang belum tentu anda jumapi ditempat lain. Dengan menu makanan yang dikemas dengan daun pisang dan jati merupakan salah satu atraksi dalam perjalanan menyusuri indahnya kawasan hutan mangrove.

Selain itu kita juga bisa hicking di hutan hujan tropis yang berbatasan dengan hutan mangrove, anda dapat menikmati sejuknya udara dan melihat satwa liar yang dilindungi seperti merak, kijang, babi hutan dan masih banyak lagi


Tidak kalah menarik di ujung perjalanan menyusuri hutan hujan tropis kita bisa melihat penangkaran penyu milik Taman Nasional Alas Purwo di tepi samudra indonesia.


Mudah untuk mencapai Wisata Mangrove Blok Bedul:

DENGAN KENDARAAN PRIBADI

Dari Banyuwangi - Srono - Muncar-Tegaldlimo-Sumberasri-Bedul

Dari Banyuwangi-srono-benculuk-purwoharjo-sumberasri-bedul

Dari Jember-benculuk-Purwoharjo-sumberasri-Bedul


DENGAN KENDARAAN UMUM

Dari banyuwangi naik bus ke Srono dilanjutkan Muncar,dari muncar ganti angkudes menuju tegaldlimo, dari tegaldlimo naik ojek ke desa sumberasri dilanjutkan ke Bedul

Dari Banyuwangi naik bus turun benculuk kemudian naik angkudes turun pasar curahjati dilanjutkan naik ojek menuju bedul.

Dari jember naik bus turun benculuk kemudian naik angkudes turun pasar curahjati Kemudian dilanjutkan naik ojek menuju bedul


kontak person :

Adi : 081358026026

Eko : 081358423654

Email : Mangrove.Bedul@Gmail.com







1 komentar:

  1. Saya baru lihat kesana minggu pagi tgl 6-3-2010 jam 08.00,bersama teman Hok,Kahong situasi menyenangkan sayang saya gak sampai nyebrang lain kali kita mau rame2 main kesana lagi n bawa pancing sekalian refresing,cari kerang, sama keluarga karena murah,dekat lokasi ,parkir sepeda montor Rp2000,mobil Rp4000,ongkos kapal nyebrang Rp 4000/orang ayo galakan wisata lokal rame2 kita bantu PAD Banyuwangi.

    BalasHapus